banner 728x250
Berita  

Gerakan Pramuka SMP 1 Cimahi (ScoutOne) Berbagi Takjil Pada Beberapa Masjid Sekitar Lingkungan Sekolah

Cimahi Rabu,(27/03/2024). Gerakan Pramuka SMPN 1 Cimahi atau yang biasa di kenal dengan sebutan Pasukan ScoutOne mengadakan kegiatan berbagi takjil Ramadan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa solidaritas dan kepedulian terhadap sesama.

Kegiatan ini di mulai dengan mempersiapkan takjil hasil donasi alumni dan orang tua yang kemudian akan di bagikan kepada masyarakat, lalu di lanjutkan dengan pembagian di lima titik. Titik pertama di Masjid Al-Qolam (Kec. Cimahi Tengah), titik kedua  Masjid At Tajudin (Jalan Lurah), titik ketiga Masjid At-Taqwa (Leuwigoong), titik ke empat Masjid Jami Mathlaul Anwar (Kodim), dan titik terakhir depan SMPN 1 Cimahi.

Kegiatan berbagi takjil ini menyumbangkan 500 paket takjil yang di bagikan pada masjid sekitar dan juga masyarakat yang

melintas di depan SMPN 1 Cimahi.

Menurut salah satu anggota ScoutOne, Muhammad Alfahrizy (14). “Kegiatan ini sangat memberikan dampak positif mulai dari diri sendiri hingga orang lain, kegiatan berbagi takjil juga dapat menyebarkan energi atau aura positif pada para masyarakat sekitar dan juga kepada para anggota ScoutOne.” pungkasnya.

Terlihat dari antusias masyarakat yang turut meramaikan kegiatan berbagi takjil ini, bahkan tak sedikit pula yang mendokumentasikan kegiatan berbagi takjil yang di selenggarakan oleh Gerakan Pramuka SMPN 1 Cimahi.

Berbagi takjil ini diharapkan bisa membuat antusias para anggota pramuka untuk berbakti kepada masyarakat, dan juga untuk meningkatkan hubungan baik antara anggota pramuka dengan  masyarakat luas. Sesuai dengan Motto ScoutOne : “Terdepan bergerak, siaga bencana, dan berbakti tanpa henti”

Kak Rahmat (38), selaku Ketua Gugusdepan mengakui bahwasanya kegiatan ini bertujuan sebagai aktualisasi dari prinsip dasar kepramukaan yang pertama yaitu iman dan takwa kepada Tuhan YME, sejalan dengan dasar ibadah puasa di bulan suci ramadan bagi umat Islam pada surat Al-Baqarah ayat 183 : “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa”

Berbagi takjil yang di selenggarakan oleh Gerakan Pramuka SMPN 1 Cimahi atau ScoutOne ini turut meramaikan himbauan gerakan “Rantang Pramuka” yang disampaikan oleh Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Barat. Puncak acara tingkat Jawa Barat yaitu BUBOS 8 (Buka Bersama On The Street Ke-8) akan dilaksanakan pada 29 Maret 2024 di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung. Dengan tema : “Berbuat kebaikan, berbagi di bulan Ramadan”

Dengan dilaksanakannya kegiatan berbagi takjil oleh Gerakan Pramuka SMPN 1 Cimahi,diharapkan hal ini dapat menjadi inspirasi dan contoh bagi Gerakan Pramuka lainnya.

“Satyaku kudarmakan, darmaku kubaktikan,agar jaya Indonesia,Indonesia tanah airku…..Kami jadi pandumu”

Salam Pramuka !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *