banner 728x250

TAFAKUR Ba’da Ramadhan Dalam PERILAKU HEWAN

 

Cimahi, Sabtu(27/04/2024)
Sahabat Romadhon yang dimulyakan oleh Alloh SWT,Tidak terasa kita telah memasuki bulan Syawal paska menunaikan ibadah pada bulan Ramadhan ,
Ramadhan 1445 H yang penuh berkah,
mari kita tafakuri dan ingat kembali hakikat Ramadhan

Romadhon diambil dari bahasa Arab yang artinya Romad, jamaknya adalah Aromad Artinya pembakaran.
Sejatinya, kewajiban shaum ramadhan termaktub didalam AL-quran, Ayat :183 (Al-Baqarah)
” Yaa Ayuhalladziina Amanu kutiba,Alaikum mushiyyam kamaa kutiba Aladziina ming qoblikum la Alaikum Tattaquun .
Artinya : Wahai orang orang yang beriman diwajibkan atas kamu shaum ( berpuasa ) sebagai mana orang orang sebelum kamu melaksakan shaum agar kamu termasuk orang orang yang bertaqwa .

Jadi Allah perintahkan manusia / hambanya yang beriman pastilah ada tujuannya,ada faedahnya dan ada manfaatnya bagi manusia itu sendiri.
Bahkan Alloh telah memberikan gambaran dari shaum ramadhan ini, sahabat dapat menimba ilmu dari ayat ayat kauniah,atau dari ayat-ayat yang tidak tertulis.
Contohnya : Dari perilaku hewan ketika harus mempertahankan jati dirinya dan naik kelas menjadi makhluk yang penuh dengan nilai-nilai keberkahan.

Yang pertama mari kita lihat hewan ULAT ( hileud dalam bahasa Sunda )
mimpi Ulat akan perjalan yang sangat jauh,mungkinkah seekor Ulat yang ada di pohon kota A berjalan ke kota. B ?
Jawabannya secara akal tidak mungkin namun dengan keberadaannya ulat akan berdiam diri puasa / shaum berjalan dan tidak bergerak sampai menjadi kepompong,lalu setelah menjadi kepompong akan berubah, atas ijin Allah menjadi kupu-kupu,artinya jadi ulat tadi naik kelas dan menjadi kupu-kupu, memiliki sayap lalu terbang dari Kota A ke kota B.
perilaku ulat ini dalam suasana pembakaran keinginan berpergian menuju tempat yang jauh ulat menahan semua keinginannya .

Selanjutnya Seekor Ular, untuk mempertahankan dirinya dan mempercantik kulitnya ular akan berdiam diri menahan diri dari segala keinginannya untuk sementara sehingga tercapailah pergantian kulit ular yang lebih muda dan lebih cantik dipandang mata,semua ini karena proses shaum Ataw puasa dari semua keinginannya .

Hewan yang Ketiga adalah seekor ayam betina, untuk memperpanjang dan mempertahankan keturunannya. Ayam Akan melakukan shaum dari segala keinginannya agar kelak telur yang dieraminya menjadi anak -anak ayam.
Semua itu adalah proses naik kelasnya hewan karena telah berusaha menahan seluruh keinginan membakar semua hajatnya sehingga menjadi manfaat bagi hewan itu sendiri .
Sahabat Ramadhan yang dimulyakan oleh Allah, begitu pula kita sebaik hamba
Allah yang telah menjalankan shaum(puasa),menahan segala keinginan di bulan ramadhan di bulan pembakaran dosa dan kesalahan kita,
pembakaran fikiran jelek kita, pembakaran niat busuk kita, pembakaran perilaku jahilyyah(bodoh).
Dangan melaksanakan shaum di bulan Ramadhan kali ini, sejatinya jangan kalah dengan perjuangan seekor hewan
semoga dibulan Syawal ini dan seterusnya kita termasuk hamba hamba yang bertaqwa
semoga menjadi tambahan ilmu bagi
kita semua. Aamiin

Wallahu Alam bishawwab,
Didin Karyadi Ghalib .
Syawal 1445 H

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *