banner 728x250

PEMKOT KOTA CIMAHI GELAR UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA

CIMAHI, Sabtu (01/05/2024)
Tanggal 1 Juni setiap tahunnya diperingati sebagai hari lahir Pancasila, untuk mengenang momen pertama kali para pendiri bangsa memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan Sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).
Memperingati hari lahir Pancasila, Pemerintah Daerah Kota Cimahi menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tingkat Kota Cimahi Tahun 2024 di Lapangan Apel kantor Pemkot Cimahi yang dihadiri oleh unsur Forkopimda Kota Cimahi serta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Cimahi, Sabtu (01/06).
Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi Dicky Saromi hadir sebagai pembina upacara menyampaikan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Yudian Wahyudi, pada Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024.
Dicky menyampaikan peringatan Hari Lahir Pancasila merupakan momen yang penting, karena Pancasila merupakan pemersatu di tengah kemajemukan bangsa Indonesia. “Pancasila adalah sebagai pemersatu bangsa, ideologi kita semua dan lebih daripada itu Pancasila itu adalah anugerah yang sangat luar biasa karena dengan itulah kemajemukan bangsa Indonesia dapat menjadi satu ya dalam Kebhinekaan Tunggal Ika.”
Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. “Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional ‘Bhinneka Tunggal Ika’”,” imbuh Dicky.
Terkait tema peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”, Dicky menyampaikan bahwa Pancasila telah menuntun bangsa Indonesia untuk memiliki orientasi yang jelas menuju 100 tahun Indonesia merdeka dan Indonesia Emas 2045 sehingga nilai-nilai Pancasila harus diimplementasikan ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
“Dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila kita tidak akan kehilangan orientasi atau disorientasi, jadi ini adalah yang paling penting yang perlu kita sadari dari situlah maka Pancasila penting untuk kita rawat dengan sebaik-baiknya untuk kita amalkan dalam kesehariannya karena sekali lagi dengan Pancasila semuanya yang ada di Indonesia ini bisa berlangsung dengan baik dalam satu kesatuan yang utuh,” tegasnya.

Dengan pesatnya perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadikan tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Dalam menyikapi hal tersebut Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan.
Penerapan ideologi Pancasila ini harus disesuaikan dengan perkembangan jaman agar generasi muda tidak merasa asing dan jauh dari nilai-nilai Pancasila, “Saya mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa,” tukas Dicky.
Dicky mengingatkan generasi muda untuk dapat bijak dalam menggunakan teknologi agar tidak tercabut dari akar-akar Pancasila sebagai ideology bangsa, “Khusus kepada generasi milenial, Gen-Z, yang nanti akan menjadi generasi penerus harus juga ya mengetahui tentang butir-butir dari Pancasila itu, dan bagaimana Pancasila itu ada pada jiwa anak-anak muda itu untuk dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari”.
Meski tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia di masa digital ini cukup besar, namun dengan bahu membahu dan menerapkan semangat Pancasila yang kuat maka seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik.
“Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Semoga Peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia. Selamat Hari Lahir Pancasila!” pungkasnya.
Senada dengan Pj Wali Kota Cimahi, Sekretaris Daerah Kota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan menyampaikan melalui pendalaman karakter yang berpancasila akan membawa bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar, karenanya pihaknya berkomitmen untuk terus melakukan pembinaan karakter Pancasila, terutama pada generasi muda di Kota Cimahi.
“Penanaman nilai-nilai Pancasila dan pembinaan Pancasila menjadi bagian dari setiap proses yang kami jalankan ketika menjalankan berbagai program kegiatan yang mana itu semua mengandung nilai-nilai Pancasila, sehingga semoga di masa depan masyarakat Kota Cimahi selalu menjadi masyarakat yang penuh dengan kedamaian dan keberkahan dan kita dapat mencapai kemajuan,” harapnya.
Ia pun mengajak masyarakat Kota Cimahi untuk selalu menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari agar nilai-nilai Pancasila tersebut tertanam dalam hati sertiap individu di Kota Cimahi, “Mari kita terapkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Untuk generasi muda terutama yang masih bersekolah mari kita tanamkan karakter Pancasila, pada akhirnya akan membawa manfaat bagi kita semua,” tandasnya.

Asep S.
Sumber: (Bidang IKPS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *