banner 728x250

Kota Cimahi Siap Mengirimkan Peserta Dalam Ajang Festival Permainan dan Olahraga Tradisional Jawa Barat Tahun 2024

 

Cimahi, Senin(29/04/2024)
Kota Cimahi akan mengikuti Ajang Festival Permainan dan Olahraga Tradisional tingkat Provinsi Jawabarat tahun 2024, yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 6, 7 dan 8 Mei 2024 dan Technikal Meeting akan dilaksanakan pada hari Selasa,tanggal 30 April 2024.
Dewan Kebudayaan Kota Cimahi (DKKC) yang diberikan mandat untuk mengkoordinir persiapan dalam rangka kegiatan tersebut, sudah mulai melakukan latihan.

Dalam kegiatan Festival Olahraga dan permainan Tradisional tingkat Jawa Barat, Kota Cimahi mengusung tema “Adu Dogong”, para peserta yang akan hadir pada Festival tersebut ditunjuk dari Padepokan “Ciung Wanara Kidang Kencana” dibawah Pimpinan Bapak Achmad Sobur. Dalam kesempatan latihan persiapan yang dilaksanakan di Imah Seni Kota Cimahi, Ketua Padepokan Ciung Wanara Kidang Kencana Achmad Sobur mengungkapkan,
“Perkenalkan saya Achmad Sobur tinggal di Babakan Loa Kulon, Kelurahan Pasir Kaliki. Saya sebagai Pimpinan Padepokan Ciung Wanara Kidang Kencana, hari ini kami melakukan latihan dalam rangka persiapan Festival Olahraga dan Permainan Tradisional Tingkat Jawa Barat. Kota Cimahi dalam Festival Permainan dan Olahraga Tradisional ini mengangkat Tema “Adu Dogong”, semoga belum ada yang menggunakannya di Kota Kabupaten lain di Jawa Barat, juga semoga permainan tradisional Adu Dogong ini menjadi Ciri khas Kota Cimahi. Adu Dogong ini adalah sebuah permainan anak-anak jaman dahulu sesaat setelah panen padi, permainan ini dilaksanakan di sawah, namun kami akan memunculkan olahraga pencak silat didalam permainan ini. Semoga pihak Pemerintah mendukung setiap kegiatan yang kami laksanakan dan titip anak-anak di Kota Cimahi yang berprestasi tolong diperhatikan termasuk apa yang kami lakukan ini sudah tentu membawa nama Kota Cimahi.

Bapak Achmad Sobur Pimpinan Padepokan Silat Ciung Wanara Kudang Kencana

 

Sementara itu ditempat yang sama, Koordinator Komite Permainan dan Olahraga tradisional DKKC, Boy Hamdani memberikan keterangan terkait rencana Kota Cimahi ikut serta dalam Festival Olahraga dan Permainan tradisional Tingkat Jawa Barat,
”Saya mewakili Komite Permainam Tradisional Dewan Kebudayaan Kota Cimahi, Hari ini kami melakukan persiapan Untuk mengikuti Festival Permainan dan Olahraga Tradisional Tingkat Jawa Barat. Adapun tema yang kita angkat adalah Adu Dogong dan Olah raga Tradisional Adu Dogong ini sudah ada sejak dahulu dan rencananya kami akan munculkan kembali. Kami berharap dengan Olah raga tradisional Adu Dogong ini dapat menjadi pemicu gairahnya kembali olahraga tradisional di Kota Cimahi, baik bagi pelajar maupun masyarakat Kota Cimahi pada umumnya ” Jelas Boy Hamdani.

Boy Hamdani dari Komite Permainan dan Olah Raga Tradisional DKKC

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora)
Achmad Nuryana, saat dimintai konfirmasinya melalui aplikasi WA, menerangkan,
“Pihak Dinas (Disbudparpora) sudah berkoordinasi dengan DKKC dan team sudah siap untuk rapat membahas Festival Olahraga dan Permainan Tradisional tingkat Jawabarat tahun 2024 guna mempersiapkan peserta yang akan dikirim ke Festival tersebut, terimakasih.” Tandas Kadisbudparpora, Achmad Nuryana melalui Aplikasi WA.

Achmad Syafei

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *