banner 728x250

Koperasi Super Kota Cimahi Berdiri Dengan Tujuan Mensejahterakan Anggota Melalui Daya Saing dan Profesionalisme Pengurusnya

Koperasi SUPER Bertekad Ikut Berpartisipasi Dalam Menekan Inflasi di Kota Cimahi

Cimahi, Sabtu (11/05/2024) Bertempat di Aula Gedung B Perkantoran Pemerintah Kota Cimahi, dilaksanakan Sosialisasi Pendirian Koperasi Primer Tingkat Kota Cimahi yakni, Koperasi Primer, SUPER (Serba Usaha Pro Ekonomi Produktif) yang didirikan oleh Rose Else M.Pd. sekaligus menjabat sebagai Ketua Koperasi SUPER. Dalam kegiatan sosialisasi tersebut di hadirkan pula para nara sumber yang berkompeten di bidang perkoperasian diantaranya Sani dan Agung dari Penyuluh Koperasi DISDAGKOPERIN Pemerintah Kota Cimahi dan Wahyu Darmawan dari Praktisi dan Pemerhati Masyarakat Kota Cimahi sebagai Motivator bidang Koperasi.

Usai kegiatan sosialisasi yang terpantau Dinamis dan penuh kekeluargaan,Pendiri sekaligus Ketua Koperasi Primer SUPER,Rose Else mengungkapkan, “Kegiatan Hari ini adalah Sosialisasi Pendirian Koperasi Primer Tingkat Kota Cimahi,dengan nama koperasi Konsumen “SUPER”(Serba Usaha Pro Ekonomi Produktif). Koperasi SUPER ini menyajikan beberapa jenis usaha yang akan membantu meningkatkan perekonomian,khususnya Pedagang atau Usaha Mikro.Rencananya kami akan memaksimalkan dan meningkatkan pelayanan terhadap anggota koperasi SUPER ini, dengan dasar kepercayaan yang diberikan oleh anggota kepada kami maka koperasi ini akan mampu bertahan dan mampu berdaya saing dalam melayani anggota koperasi itu sendiri.anggota yang tercatat ada sekitar seratusan namun yang sudah melakukan pembayaran Simpanan Pokok baru ada 60 orang,Target utama kami adalah para Pedagang atau Usaha Mikro diawal kegiatan kami akan memfokuskan pada Koperasi Primer yang melayani kebutuhan pokok para anggota namun ke depan kami akan naik ke Koperasi Sekunder,”Ungkap Rose Else,Pendiri Sekaligus Ketua Koperasi SUPER.

Senada dengan Ketua Koperasi SUPER, Pengawas Koperasi SUPER yang hadir dalam kegiatan tersebut, Bapak Pramudyo menambahkan, “Pada pagi hari ini dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Pendirian Koperasi Primer Tingkat Kota Cimahi dengan nama Koperasi SUPER. Koperasi SUPER ini didirikan oleh Ibu Rose Else dengan keanggotaan awal sekitar 100 orang. Kegiatan koperasi ini merupakan bagian dari sosialisasi juga, tadi sudah disampaikan paparan dan penjelasan dari DISDAGKOPERIN Kota Cimahi yang saya pikir sangat mencerahkan bagi pengurus maupun anggota Koperasi. Harapan kami dengan pendirian koperasi primer ini dapat bermanfaat bagi anggota juga masyarakat Kota Cimahi dan koperasi merupakan Soko Guru perekonomian di Indonesia,” Jelasnya.

Penyuluh Koperasi Kota Cimahi,Sani,S.Ip. dalam keterangannya usai kegiatan Sosialisasi Pendirian Koperasi SUPER menerangkan kepada awak media, “Dalam sosialisasi yang baru saja dilaksanakan, saya menyampaikan dan saya ikut mensupport kegiatan ini, semoga koperasi super ini dapat menjalankan dengan baik dan bukan hanya koperasi biasa-biasa saja, sesuai dengan namanya Koperasi SUPER. Semoga koperasinya dapat berdaya saing dengan lembaga dan badan usaha lain sepertinya dengan semangat anggota dan pengurus juga para pengawas serta pembinanya yang tampaknya antusias sekali,saya yakin koperasi ini bakalan maju karena memiliki program-program unggulan seperti kedepannya ada usaha di bidang Waserda dan sebagainya. Saya berpesan kepada Koperasi SUPER ini ada beberapa hal diantaranya, Pengurus yang amanah dan tolong kembangkan usaha disektor yang lainnya. Karena Koperasi tidak hanya melaksanakan salah satu bidang usaha saja akan tetapi harus bisa membidik usaha lainnya agar kita dapat berkembang lagi dan tidak tergilas oleh lembaga dan badan usaha lainnya.” terang Sani,S.IP., Penyuluh Koperasi Kota Cimahi.

Sementara Nara sumber kegiatan Sosialisasi dan Pendirian Koperasi Primer SUPER, Wahyu Darmawan memberikan penjelasan usai Kegiatan berlangsung, “Nama koperasi ini unik menunjukan Branding artinya koperasi ini bukan koperasi biasa, namun sesuai masukan dari DISDAGKOPERIN bahwa koperasi ini diawal lebih fokus di kegiatan koperasi Primer karena memerlukan barang dan jasa dengan harga lebih murah. Namun dalam keanggotaan koperasi ini diharapkan mengetahui kelebihan kekuatan yang dimiliki. Saya berharap koperasi ini berkembang dan kedepannya bisa naik kelas menjadi perusahaan terbuka. Namun tentunya melalui proses yang panjang tapi bisa saja digapai melaui keseriusan anggota, profesionalitas yang tinggi dari para pengurus, idealnya goal dari pendirian suatu badan usaha khususnya koperasi adalah memberikan manfaat bagi anggota sepanjang hidup dan berakhir setelah wafat. Namun yang SUPER adalah dapat diwariskan kepada ahli warisnya karena perusahaannya sudah berkembang yang dimulai dari berdirinya suatu badan usaha atau Koperasi. Kita ingin menjadikan ini suatu hal yang menarik supaya tantangan yang berkaitan dengan Kota Cimahi sebagai Kota dengan tingkat Pengangguran tertinggi se-Jawa Barat bisa kita Eliminir dan juga tingkat Inflasi yang dapat ditekan lagi yang kabarnya sekarang mencapai angka lebih dari angka 4 dan siapa tahu koperasi ini bisa menjadi partner dari BUMD yang dibangun oleh pemerintah kota Cimahi.” Pungkas Wahyu Darmawan kepada awak media.

Asep S

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *