banner 728x250

Kegiatan Bakti Sosial di SMP Negeri 1 Cimahi

Suasana pengumpulan baksos SMP Negeri 1 Cimahi tahun 1445 Hijriyah di Ruang Staff.

 

Cimahi (18/3/2024)

Jelang kegiatan Ramadhan 1445 Hijriyah, SMP Negeri 1 Cimahi mengadakan kegiatan bakti sosial. Kegiatan ini dilaksanakan sejak tanggal 15 Maret dengan para peserta didik mengumpulkan barang sembako. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mengisi kegiatan Ramadhan di SMP Negeri 1 Cimahi, tepatnya di Jl. Rd. Embang Artawidjaja, Karangmekar, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat.

Menurut Syafira (14), salah satu peserta didik SMP Negeri 1 Cimahi, kegiatan ini berlangsung melalui beberapa 5 tahapan.

“Bakti sosial ini dimulai dari tahap sosialisasi kepada POS dan Komite sejak 28 Februari, sosialisasi kepada peserta didik saat 14 Maret, pengumpulan baksos pada 15-26 Maret, pengemasan baksos pada 27-29 Maret, dan pendistribusian baksos pada 2-4 April, saat ini masih mencapai tahap pengumpulan baksos,” ujar Syafira.

Syafira pun menambahkan terkait bahan sembako yang dihimbau untuk dibawa setiap peserta didik ada 7 macam dan dikumpulkan secara bertahap. Pengumpulan baksos ini pun bersifat himbauan jadi tidak diwajibkan.

” Barang sembako ini sifatnya himbauan jadi gak mewajibkan dan tidak ada nominal minimal atau maksimal, barang yang dikumpulkan oleh setiap peserta didik itu ada 7 macam, diantaranya ada beras, terigu, kecap, gula, minya, teh, dan mie instan,” timbal Syafira.

Ia memaparkan bahwa sistematika pengumpulan baksos ini dibantu dengan OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) dan KSI (Kelompok Studi Islam) untuk mengawas pengumpulan di setiap kelas.

” Sistematika pengumpulan baksos ini dibantu sama anak OSIS dan KSI, dibuat jadwal yang mengawas setiap kelas 2 orang, 1 laki-laki dan 1 perempuan, terus dibagikan karung untuk mengumpulkan barang sembako dan daftar hadir siswa, setelah semua mengisi lalu dikumpulkan ke ruang staff,” tambah Syafira.

Menurut Tasya (14), salah satu pengurus OSIS SMP Negeri 1 Cimahi, kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan sikap dan karakter empati dan peduli terhadap sesama bagi peserta didik SMP Negeri 1 Cimahi.

” Kegiatan baksos ini penting buat penumbuhan rasa dan karakter empati terhadap sesama, juga bisa membantu teman-teman dan warga sekitar yang membutuhkan,” Pungkas Tasya.

Kontributor :

Jurnalis Cilik Gree one (Dinda Velayath/8i)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *